berbagai macam buah yang mengandung vitaminc C, selain jeruk

Kumpulan Tips Seputar Kecantikan, Kesehatan dan Gaya Hidup

berbagai macam buah yang mengandung vitaminc C, selain jeruk

Sejauh ini bila ditanyakan buah apa yang memiliki kandungan vitamin C, sebagai jawaban pertama kita ialah buah jeruk. Walau sebenarnya, jeruk bukan buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. Ya, rupanya buah yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi ialah buah jambu biji. Kandungan vitamin C dalam jambu biji ialah sejumlah 206 mg, semakin tinggi dibanding dengan buah jeruk yang memiliki kandungan vitamin C sejumlah 59-83 mg per satu buahnya.

Apa ada buah lain yang mengandung tinggi vitamin C?
Vitamin C adalah salah satunya vitamin penting yang diperlukan oleh badan, khususnya untuk perkembangan dan pembaruan beberapa sel dalam tulang, gigi, kulit, dan jaringan yang lain. Disamping itu, vitamin C memiliki peranan lain, seperti menolong tingkatkan peresapan zat besi dari sumber makanan nabati, menolong menahan kerusakan sel hingga bisa kurangi resiko penyakit kanker, dan dapat membuat perlindungan badan Anda dari bermacam infeksi karena vitamin C bisa menolong jaga mekanisme ketahanan tubuh.

Karena perannya yang perlu ini, karena itu tidaklah aneh badan kita memerlukan banyak konsumsi vitamin C dari makanan. Salah sebuah sumber vitamin C ialah buah-buahan. Bukan hanya jeruk, ada banyak kembali buah yang memiliki kandungan vitamin C.

Beberapa buah yang lain memiliki kandungan vitamin C ialah:

1. Jambu biji

Jambu biji adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi. Sama seperti yang sudah disebut sebelumnya, jambu biji memiliki kandungan lebih dari 200 mg vitamin pada sebuah buahnya, melewati kandungan vitamin C yang dipunyai oleh jeruk.

Kecuali vitamin C, jambu biji memiliki kandungan banyak serat. Kandungan serat dalam jambu biji ini melewati kandungan serat yang dipunyai oleh jeruk. Anda dianjurkan untuk penuhi keperluan serat sejumlah 25 gr (untuk wanita) sampai 38 gr (untuk pria) dalam satu hari.

2. Pepaya

1/2 buah pepaya memiliki kandungan lebih kurang 94 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit semakin tinggi dibanding kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Berdasar riset, konsumsi buah pepaya bisa menolong membuat cerah kulit dan perkuat tulang Anda. Ini dapat muncul karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya.

Kecuali vitamin C, buah pepaya kaya serat, vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Karena kandungannya ini, pasti pepaya memberikan faedah untuk badan, sebagaimana untuk membuat lancar pencernaan (serat), mempertahankan kesehatan kulit dan mata (vitamin A), menolong metabolisme badan (vitamin B kompleks), dan mengatur penekanan darah (kalium).

3. Kiwi

Kiwi memiliki kandungan vitamin C sekitar 84 gr per sebuah. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi semakin tinggi dibanding yang mengandung vitamin C dalam jeruk. Kandungan anti-oksidan dari vitamin C-nya yang tinggi membuat buah kiwi bisa menolong badan menantang infeksi dan radikal bebas pada tubuh.

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Sedang, mineral yang terdapat dalam buah kiwi ialah kalium, mangan, zat besi, dan magnesium. Disamping itu, buah kiwi untuk sumber makanan yang kaya asam lemak omega 3, di mana omega 3 bisa menolong Anda turunkan resiko penyakit stroke dan jantung.

4. Strobery

1/2 gelas (125 ml) strobery memiliki kandungan 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tapi strobery masih memiliki faedah banyak untuk badan. Kecuali vitamin C, strobery memiliki kandungan antosianin dan asam ellagic. Riset memperlihatkan jika konsumsi strobery bisa menolong menahan Anda dari kanker, penuaan, infeksi, dan penyakit saraf.

Buah strobery kaya anti-oksidan dan memiliki kandungan vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, mangan, fluor, zat besi, dan iodium, yang tentu saja benar-benar berguna untuk badan kita.

5. Nanas

Sejumlah 39-49 gr vitamin C terdapat dalam 1/2 gelas (125 ml) buah nanas. Hampir sama yang mengandung vitamin C yang ada pada buah strobery.

Kecuali vitamin C, buah nanas populer yang mengandung bromelain yang ada didalamnya. Bromelain adalah enzim pencernaan yang menolong merusak protein pada makanan dan kurangi kembung, dan dapat bertindak selaku antiperadangan. Buah nanas memiliki kandungan vitamin B kompleks dan vitamin A dengan jumlah sedikit.

6. Mangga

Semakin sedikit dari kandungan vitamin C yang ada pada buah-buahan di atas, kandungan vitamin C dalam buah mangga ialah sejumlah 29 mg. Kecuali untuk sumber vitamin C, mangga untuk sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, dan tembaga. Mangga kaya serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol. Senyawa anti-oksidan polifenol yang terdapat dalam buah mangga bisa dibuktikan bisa menolong membuat perlindungan Anda dari kanker payudara dan kanker usus besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *